Energi Terbarukan Di Indonesia

Jika kita berpikir tentang kemajuan bangsa, tentu ada banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan, mulai dari segi ekonomi, sosial budaya, pemerintahan dan lain sebagainya. Memang hal ini sangat kompleks dan tidak mungkin selesai dalam waktu yang singkat. Awal kemajuan bangsa harus berakar pada hal-hal yang bersifat mendasar seperti tercukupinya kebutuhan penting untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Kita ambil contoh bidang industri. Hal yang paling krusial agar sebuah industri bisa berjalan dengan lancar adalah dengan tersedianya pasokan listrik. .

Apa bila hal ini saja kita tidak mampu, kita tidak bisa berharap akan terciptanya kualitas produk yang baik dan kuantitas yang banyak mengingat begitu serngitnya persaingan di luar negeri..

Terlebih lagi, saat ini kita sedang bersiap menghadapi era pasar global dimana kita tidak hanya akan bersaingan dengan para penduduk lokal, namun juga dengan dunia luar yang sudah jelas tidak lagi diragukan lagi kualitasnya.Jadi, sangatlah tidak mungkin kita membicarakan sebuah kemajuan industri, apa lagi bangsa apa bila hal seperti ini masih belum tercukupi

"Tak ada gunanya kita berbicara tentang industri tanpa berbicara listrik. Industri apa lagi yang bisa berjalan sekarang tanpa listrik? Kebutuhan listrik tanah air memang belakangan ini meningkat pesat, sejalan dengan peningkatan ekonomi bangsa. Sikat gigi saja sekarang sudah elektronik. Anak-anak kecil pun sudah memakai komputer. Menyemir sepatu juga dengan listrik. pemakaian telpon selular, juga dengan listrik. Tak ada lagi aspek kehidupan tanpa listrik," (Jusuf Kalla dalam buku Solusi JK: Logis, Spontan, Tegas, Grasindo (2009:173):)


Maka Dari Itu Indonesia sangat membutuhkan pasokan listrik terutama dibidang terbarukan.